oleh

Trump Berkata Untuk Tarik Tentara AS Di Jerman

Kompaspagi.com – Presiden Donald Trump memerintahkan agar pasukan AS dikurangi di Jerman. Langkah itu menuai kritik dari Partai Republik yang menyatakan jika itu adalah hadiah untuk Rusia dan mengancam keamanan nasional Amerika Serikat saat ini memiliki sekitar 34.500 tentara di Jerman.

“Kami memotong sekitar 25.000 tentara di Jerman,” kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih, Rabu (17/6/2020).

Trump menyalahkan Jerman karena tidak membuat pembelaannya. Dia juga mengklaim bahwa Jerman, sekutu lama NATO, adalah negara “jahat”.

Mengutip Associated Press, Trump mengatakan keputusan untuk menarik pasukan dibuat untuk menghukum Jerman. Dia mengklaim kehadiran pasukan AS sebagai mesin untuk ekonomi lokal di Jerman.

Selain 34.500 tentara AS, ada juga sekitar 17.500 warga sipil dari Departemen Pertahanan di Jerman. Amerika Serikat telah mempertimbangkan penarikan sebagian pasukannya ke Jerman sejak tahun lalu. Dalam beberapa minggu terakhir, Trump telah menunjukkan tanda-tanda penarikan pasukan AS dari Jerman. Keputusan belum pernah dibicarakan sebelumnya dengan Jerman atau anggota NATO lainnya, dan juga Kongres Amerika Serikat tidak diinformasikan secara resmi oleh Trump. Ini mendorong 22 Republikan Republik dari Komite Bersenjata DPR AS untuk mendesak Trump memikirkan kembali keputusannya.

Pekan lalu, anggota parlemen Wyoming dari Partai Republik Liz Cheney mengatakan bahwa Trump telah membuat kesalahan serius di balik keputusannya.

“Kehadiran Amerika di masa depan tidak pernah lebih penting daripada sekarang, karena bangsa kita menghadapi ancaman terhadap kebebasan dan keamanannya di seluruh dunia yang ditimbulkan oleh Rusia dan Partai Komunis China,” kata Cheney.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed