oleh

Trik Menyimpan Sayur Agar Tetap Segar Untuk Waktu Lama

Kompaspagi.com – Cara yang tepat untuk menyimpan sayuran tidak hanya dapat memengaruhi penampilan dan rasa, tetapi juga nutrisi yang dikandungnya. Karena itu, penting untuk mengetahui cara menyimpan sayuran dengan benar sehingga dapat bertahan lama, bahkan berbulan-bulan. Ada beberapa panduan untuk menyimpan sayuran yang ideal. Lihatlah penjelasan di bawah ini:

Simpan sayuran pada suhu yang ideal Salah satu cara untuk menyimpan sayuran adalah pada suhu yang ideal. Ya, sayuran segar sebenarnya juga makhluk hidup. Jadi, bahkan jika dipanen dan dipanen dari pohon, sayuran segar masih membutuhkan oksigen untuk “bernapas” dan mengeluarkan karbon dioksida. Kemampuan sayuran segar untuk “bernafas” tergantung pada suhu penyimpanan dan jenis sayuran. Semakin rendah suhu penyimpanan, semakin rendah kemampuan sayuran untuk dapat “bernapas” untuk memperpanjang periode penyimpanan. Sebaliknya, jika lebih banyak oksigen yang dihirup dan karbon dioksida dilepaskan, sayuran segar menjadi busuk dan rusak lebih cepat. Ada beberapa jenis sayuran segar yang harus disimpan langsung pada suhu rendah. Namun, ada juga jenis sayuran yang sensitif terhadap suhu rendah sehingga mereka membusuk lebih cepat dan menjadi rusak saat Anda memasuki lemari es.

Hindari menyimpan sayuran segar di suhu ekstrem. Cara tepat berikutnya untuk menyimpan sayuran adalah menghindari suhu ekstrem. Sayuran segar yang disimpan pada suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan lebih mudah busuk dan rusak. Misalnya, sayuran segar disimpan dalam freezer, sehingga akan rusak segera setelah dicairkan. Kerusakan yang bisa timbul, termasuk bercak coklat atau bisa menjadi sangat lunak atau rapuh. Sementara itu, suhu yang terlalu tinggi dapat membuat tingkat kematangan sayuran tidak merata, seperti melunak atau meleleh, berkerut, dan berkerut.

Perhatikan kondisi sayuran sebelum menyimpannya Sebelum menyimpan sayuran segar, yang terbaik adalah memeriksa kondisi permukaan sayuran secara teratur. Jika ada perubahan warna, bintik-bintik kurus, coklat atau lembut pada sayuran, segera lepaskan bagian yang busuk dan konsumsinya yang masih dalam kondisi baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed