oleh

TNI Pulangkan 39 WNI ABK Terjebak Lockdown di Fiji

Kompaspagi.com – TNI Angkatan Udara menjemput 39 orang anak buah kapal (ABK) asal Indonesia (WNI) yang terjebak di Fiji karena penerbangan komersil ditutup selama pandemi virus corona (Covid-19).

Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut Agus Cahyono mengatakan 39 orang ABK itu dijemput menggunakan pesawat Hercules C-130 seri A131. Mereka telah mendarat di Jakarta pada Sabtu (16/5) sore.

“Pesawat Hercules C-130 seri A1318 milik TNI AU yang telah selesai melaksanakan misi kemanusian ke Fiji dan kembali ke tanah air dengan mengangkut 39 Warga Negara Indonesia telah mendarat dengan selamat di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma,” kata Agus lewat keterangan tertulis, Sabtu (16/5).

Awalnya, pesawat itu ditugaskan untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban terdampak Siklon Harold. Namun saat hendak kembali, ada 39 WNI yang tak bisa pulang karena penerbangan di Fiji tutup hingga akhir Mei.

Agus menyampaikan misi kemanusiaan tersebut merupakan bentuk wujud kerja sama antara TNI, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Fiji, Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) serta dukungan seluruh rakyat Indonesia.

Setelah ini, TNI akan mengarahkan 39 orang ABK itu untuk diperiksa di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta.

“Selanjutnya seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tersebut dibawa ke Rumah Sakit Darurat Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, guna menjalani protokol kesehatan,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed