oleh

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Kompaspagi.com – Mulut adalah salah satu cara penularan dan pengembangan virus dan bakteri, termasuk virus korona (SARS-CoV-2). Oleh karena itu, selain memastikan kebersihan tangan, penting juga untuk menjaga kesehatan mulut selama pandemi Covid-19.

“Dalam situasi pandemi, rongga mulut adalah pintu gerbang untuk masuknya virus dan menghadirkan risiko tinggi penularan atau penularan,” kata presiden Asosiasi Dokter Gigi Indonesia (PDGI) RM Sri Hananto Seno, Selasa (07/07/2020).

Menjaga gigi dan mulut tetap sehat selama pandemi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gigi dan mulut yang sehat dapat menjaga kekebalan dan melawan berbagai virus dan bakteri yang masuk melalui mulut.

Hindari penumpukan plak

Plak adalah sisa makanan, polusi, bakteri yang menumpuk di gigi dan gusi yang lama kelamaan bisa menjadi karang gigi. Penumpukan plak memungkinkan virus dan bakteri untuk menempel dan berkembang lebih mudah di dalam tubuh.

“Bakteri dalam rongga mulut membentuk plak. Ketika ada perdarahan di rongga mulut, plak memasuki aliran darah dan menyebabkan berbagai penyakit,” kata dokter gigi Theresia Dessy.

Berbagai penyakit dapat timbul karena bakteri plak memasuki aliran darah seperti penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes, penyakit pernapasan dan kelahiran prematur.

Penumpukan plak dapat dicegah dengan membersihkan rongga mulut secara menyeluruh.

Gosok gigi dengan benar

Sikat gigi dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sikat gigi yang disarankan dilakukan dua kali sehari.

Waktu ideal untuk menyikat gigi adalah setelah sarapan dan sebelum tidur. Sikat gigi Anda setidaknya selama tiga menit. Cara yang benar adalah dari daerah gusi merah menuju gigi putih.

“Juga pilih pasta gigi yang mengandung fluoride karena bagus untuk kesehatan gigi,” kata Theresia.

Menggunakan benang gigi

Gunakan benang gigi untuk membersihkan makanan yang tertinggal di antara gigi Anda. Karena sikat gigi seringkali tidak dapat menjangkau gigi yang kencang. Gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi dan mulut Anda setelah menyikat gigi.

berkumur

Theresia menjelaskan bahwa sikat gigi tidak cukup untuk membersihkan seluruh rongga mulut. Studi menunjukkan bahwa gigi membentuk hanya 25 persen dari seluruh rongga mulut. Sikat gigi hanya menghilangkan 30-53 persen dari plak.

PDGI merekomendasikan pembilasan atau berkumur dalam kebersihan mulut sehari-hari. Gunakan obat kumur antiseptik setelah menyikat gigi untuk menjaga kebersihan mulut.

Berkumur dapat mengurangi plak, mencegah karang gigi, mencegah bau mulut dan menjaga kesehatan gusi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed