oleh

Tips Memasak Ikan Tanpa Harus Meninggalkan Nutrisinya

Kompaspagi.com – Ikan adalah sumber makanan sehat. Konsumsi ikan olahan secara teratur dikatakan memberikan sejumlah manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko stroke, penyakit jantung dan depresi. Asosiasi Jantung Amerika Serikat juga merekomendasikan makan dua porsi ikan setiap minggu untuk mendapatkan manfaat dari ikan ini. Dengan catatan, kita harus mengolah ikan dengan benar agar tidak mengubah kandungan gizinya. Lantas, bagaimana cara mengolah ikan yang tepat untuk menjaga kandungan nutrisi yang diperlukan bagi tubuh? Berikut ini beberapa cara sehat untuk mengolah ikan yang bisa kita praktikkan langsung di rumah.

1.Pemrosesan uap dari ikan yang dikukus disebut sebagai cara yang paling efisien untuk memproses ikan untuk dapat mempertahankan asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan. Untuk menjaga kandungan nutrisi ikan, kukus ikan dengan api kecil selama 15-20 menit. Proses ini seharusnya tidak terlalu lama, sehingga tidak ada oksidasi kolesterol dalam asam lemak omega-3 yang dipanaskan dan benar-benar dapat membahayakan kesehatan Anda.

2.Dipanggang Cara lain yang disarankan untuk pengolahan ikan adalah memanggang. Untuk dapat mempertahankan kandungan nutrisi dalam ikan, panggang ikan olahan menggunakan aluminium foil. Panggang secukupnya dan tidak terlalu lama untuk menghindari munculnya senyawa berbahaya, seperti amina heterosiklik (HA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang berasal dari proses pemanggangan makanan.

3.Ikan tumis juga bisa diproses dengan cara melompat. Ikan olahan yang ditumis dengan sedikit minyak dan dicampur dengan sayuran lain dapat menjadi metode pengolahan ikan yang baik untuk kesehatan Anda. Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, kecoklatan ikan di atas api sedang dan tidak terlalu lama.

4.Disup Kita juga bisa mengolah ikan dengan memasok ikan untuk kandungan nutrisi ikan yang optimal. Melayani ikan yang diubah menjadi sup akan lebih bergizi jika Anda menambahkan campuran sayuran lain, seperti wortel dan biji-bijian.

5.Rebus Selain itu, kita juga bisa mendapatkan manfaat ikan secara optimal dengan mengolahnya melalui proses perebusan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed