oleh

Tips Bersihkan Ponsel Agar Bebas dari Droplet Virus Corona

Kompaspagi.com – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Edward Faisal sempat mengeluarkan pernyataan bahwa sejumlah virus termasuk virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19), dapat bertahan hingga lima hari di perangkat ponsel.
Pernyataan ini ia lontarkan saat acara dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada Rabu (17/6) kemarin.

“Saat virus nempel di gawai kita bisa bertahan sampai lima hari, jangan salah,” kata dokter Edward.

Bahkan Edward mengatakan bahwa salah satu faktor virus bisa menempel di ponsel tersebut dapat terjadi di tempat-tempat umum seperti di dalam gerbong kereta commuter line (KRL).

“Pencemaran virus ke ponsel juga dapat berasal dari percikan droplet dari para pengguna KRL. Sebab, droplet ini dapat keluar ketika manusia berbicara apabila tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak,” ucap Edward.

Berikut beberapa tips agar pengguna bisa meminimalisir jumlah virus dan bakteri dari ponsel:

1. Pakai Alkohol dan Air Bersihkan Ponsel
Pemilik ponsel bisa mencampurkan air dan alkohol isopropil ke dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan campuran tersebut ke kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel.

Tisu basah sebetulnya bisa juga digunakan, tetapi tisu basah harus mengandung alkohol agar ampuh bersihkan ponsel. Sebab, rata-rata tisu basah untuk bayi tidak memiliki kandungan alkohol.

2. Gunakan Pelindung Antimikroba
Anda disarankan menggunakan casing pelindung antimikroba untuk melindungi ponsel dari serangan bakteri. Dengan menggunakan pelindung ini, pengguna bisa mengurangi jumlah bakteri yang bersarang di ponsel Anda.

Penutup ponsel anti bakteri ini difungsikan untuk melapisi anti gores pada ponsel yang digunakan untuk menjaga ponsel dari kerusakan fisik.

3. Pakai Cotton Bud
Cottong bud bisa digunakan untuk membersihkan celah-celah yang sulit terjangkau di ponsel untuk membersihkan debu hingga bakteri. Jangan lupa juga menyelupkan cotton bud dengan cairan alkohol.

4. Pakai Cuka Putih
Cuka putih di dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan bakteri di ponsel. Caranya, campurkan cuka putih dan air steril dengan komposisi 50:50.

Lalu, basahi kain mikrofiber dan cotton bud untuk membersihkan ponsel dari bakteri.

5. Kurangi Penggunaan Ponsel di Toilet
Terakhir, kurangi penggunaan ponsel di toilet. Meski Anda telah mencuci tangan, bakteri akan tetap menemukan cara agar bisa bersarang di ponsel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed