oleh

Tentara China Berhenti Dari Perbatasan India

Kompaspagi.com – Sumber-sumber militer India mengatakan kepada AFP bahwa Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) terlihat mulai memindahkan tenda dan bangunan dan ada banyak “gerakan di belakang”. Tiongkok dilaporkan telah mengerahkan banyak kendaraan militer di Lembah Galwan.

“PLA telah mulai bertindak sesuai dengan persetujuan pertemuan komandan Korps (kedua negara),” kata sumber itu.

Sumber yang sama mengatakan bahwa tentara India mengkonfirmasi penarikan dari wilayah tersebut.

Di sisi lain, tentara India belum memberikan pernyataan upaya serupa untuk menarik diri dari sisinya di lokasi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian melaporkan pada hari Senin pada konferensi pers di Beijing bahwa jika kedua belah pihak membuat kemajuan positif untuk menarik pasukan di garis depan dan membubarkan situasi di perbatasan.

“Kami berharap pihak India juga akan mengambil tindakan serupa untuk mengimplementasikan konsensus yang disepakati oleh kedua belah pihak dengan tindakan praktis,” kata Zhao.

Bentrokan antara pasukan India dan Cina pada pertengahan Juni adalah yang pertama dalam 45 tahun. India mengkonfirmasi bahwa beberapa tentaranya tewas dalam bentrokan itu.

India dan Cina sejak 1962 memiliki perbedaan garis batas.

Bentrokan telah meningkatkan ketegangan antara kedua belah pihak. Insiden di Lembah Galwan juga merupakan insiden pertama yang menewaskan tentara di daerah yang disengketakan antara kedua pihak.

Sentimen anti-Cina telah tumbuh di India sejak bentrokan. Pemerintah India telah memblokir beberapa aplikasi seluler yang diajukan oleh China.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed