oleh

Tambah Properti Kolam Ikan Di Rumah Suasana Jadi Rileks

Kompaspagi.com – Tanah kosong di sekitar rumah, biasanya digunakan untuk membuat taman, baik taman sederhana, di taman vertikal. Tentunya lengkap dengan beragam tanaman hias. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan ruang kosong itu untuk kolam dengan pancuran?

Ternyata, air yang mengalir dari pancuran atau air terjun buatan di kolam ikan bisa membuat orang merasa tenang dan santai. Juga, ketika Anda melihat pergerakan berbagai ikan di kolam dan warna, dapat mengurangi stres.

“Selama pandemi seperti sekarang saya harus bekerja dari rumah, kadang-kadang saya bosan juga. Tapi karena ada kolam renang dengan pancuran air di teras depan dan belakang rumah, kebosanan bisa dikurangi,” jelasnya. profesor Fakultas Ekonomi dan Perdagangan UNS Solo, Prof. Dr. Hunik Sri Runing Sawitri, Senin (06/07/2020).

Kolam renang kecil berdekatan dengan area kerja. Ketika WFH, katanya, dia tampak berada di alam karena dia bisa mendengar derasnya air yang mengalir. Rumah di Jl Al Firdaus n. 23, Griya Asri Palur, Ngringo, j├Ąten, Karanganyar, bahkan lebih cantik.

“Saya ingin menikmati taman dengan derasnya air di lingkungan rumah tanpa ada gangguan dari luar. Jadi saya letakkan di dekat teras dan bagian belakang rumah. Inspirasi adalah model kolam ikan Youtube,” katanya. .

Sentimen serupa juga ditularkan oleh Fitria Asih, yang tinggal di Perum Sentosa Regency kV. A4 Mayang, Gatak, Sukoharjo. Kebetulan suami Fitri menyukai ikan hias. Menjadi kolam ikan lengkap dengan air mancur yang dibangun di halaman belakang.

“Saya juga suka rumah-rumah yang memiliki kolam ikan dan air mancur, serta meningkatkan aliran udara, suara air mancur mengendur,” katanya.

Model kolam ikan air mancur telah disesuaikan dengan tema rumah putih klasik. Untuk menciptakan kesan klasik, kurva dibuat di sisi air mancur. Dikombinasikan dengan batu alam, karenanya lebih indah. “Desain kolam ini adalah karya Joharmansyah, yang tidak lain adalah ayah saya. Kolam ini juga ditambah dengan pencahayaan yang memadai, sehingga terlihat cantik dan indah,” jelasnya.

Menurut Hari Purnomo, orang yang bekerja di kolam ikan dan air mancur di rumah Prof. Hunik, untuk ukuran kolam, mengatur lokasi dan kondisi tempat itu. Adapun model taman mengatur keinginan pemilik rumah.

“Kebetulan, rumah Prof. Hunik ada di belakang dan dekat area kerja. Katanya suara air mendidih membuatmu rileks,” katanya.

Hanung, seorang tukang kebun dan penjual tanaman hias di pasar Nongko, Solo, mengatakan bahwa posisi taman dapat dilakukan di luar rumah seperti di halaman, di sisi rumah, di bagian belakang dan bahkan di dalam rumah .

Selain bahan bangunan, ada pompa air tambahan sehingga air dapat terus mengalir dan baik untuk pasokan oksigen di kolam untuk ikan. Tanaman hias di sekitar kolam juga bisa ditambahkan. Ukurannya 2 meter dan 4 meter, jika bagus lebarnya bisa mencapai 4 meter dan panjangnya bisa 8-10 meter. “Biaya pembuatannya sekitar Rp 15 juta hingga Rp 20 juta,” jelasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed