oleh

Takut Corona dan Kehabisan Uang, Turis Sembunyi di Gua

Kompaspagi.com – Ada banyak “cara bertahan hidup” yang unik selama masa pandemi virus corona, namun enam turis mancanegara di India memilih bersembunyi di dalam gua.

Sekelompok turis itu ditemukan sedang bertahan hidup di sebuah gua dekat Rishikesh, sebuah kota di negara bagian Uttarakhand di utara India.

Rishikesh menjadi terkenal di kalangan turis mancanegara, khususnya penggemar yoga, setelah The Beatles berkunjung ke sini.

Dikutip dari CNN Travel pada Selasa (21/4), keenam turis itu tinggal di dalam gua selama hampir sebulan, sebelum akhirnya mereka ditemukan oleh polisi dan dikarantina di sebuah pondok yoga (ashram) pada hari Minggu (19/4), kata seorang pejabat polisi.

Para turis – empat pria dan dua wanita dari Prancis, Turki, Ukraina, Amerika Serikat dan Nepal – pada awalnya tinggal di sebuah hotel.

Namun di tengah jalan, mereka kehabisan uang dan memilih bermukim di dalam gua, kata Mukesh Chand, juru bicara kepolisian Uttarakhand.

“Mereka telah tinggal di gua sejak 24 Maret, polisi menemukan mereka pada hari Minggu dan memindahkan mereka ke Swarg Ashram dekat Rishikesh, kami telah meminta mereka untuk mengkarantina diri selama dua minggu sebagai tindakan pencegahan tetapi kelompok itu tampak sehat,” kata Chand.

Kelompok itu secara patungan membagi rata sisa uang mereka untuk membeli makanan dan barang-barang lainnya untuk bertahan hidup di dalam gua.

Turis domestik dan mancanegara di India telah dilarang memasuki negara bagian Uttarakhand sejak 20 Maret karena pandemi virus corona, seperti yang telah diumumkan perintah pemerintah negara bagian.

India adalah negara terpadat kedua dan ekonomi terbesar kelima di dunia, dan ada kekhawatiran bahwa sistem kesehatan negara itu tidak akan mampu mengatasi pandemi COVID-19.

Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan penguncian negara (lockdown) pada 24 Maret, yang mulai berlaku sejak tengah malam.

Sejak saat itu, hanya layanan-layanan penting yang beroperasi di negara berpenduduk 1,3 miliar orang ini, termasuk air, listrik, perawatan kesehatan, pemadam kebakaran, toko bahan makanan dan balai kota.

Awalnya lockdown akan berakhir pada 14 April, tetapi Modi kemudian memperpanjangnya hingga setidaknya 3 Mei.

Pihak berwenang meluncurkan situs web yang disebut “Terdampar di India (Stranded in India)” untuk memberikan bantuan kepada orang asing yang terjebak di India selama penutupan nasional.

India telah mencatat 17.615 kasus infeksi virus corona dan 559 kematian, menurut data dari Johns Hopkins University.

Rishikesh dikenal sebagai ibukota yoga dunia dan The Beatles mengunjungi kota pada tahun 1968.

Mereka menulis sekitar 40 lagu selama napak tilas di sana, termasuk beberapa yang ditampilkan di album ‘Abbey Road’ dan ‘The White Album’.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed