oleh

Sikat Gigi Saja Tidak Cukup Untuk Cegah Gigi Berlubang

Kompaspagi.com – Merawat gigi dan mencegah gigi berlubang tidak cukup dengan menyikatnya. Lebih banyak upaya diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut. Fakta menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang memiliki gigi berlubang dan masalah gigi. Ada juga data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang menyatakan bahwa 57 persen orang Indonesia memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut. Menurut dokter gigi Anggi Pratiwi dalam Virtual Listerine Education: menjaga kesehatan gigi dan mulut pada periode pandemi, ada tiga hal yang membuat sikat gigi tidak cukup untuk menjaga kesehatan gigi Anda, termasuk:

1.Waktunya tidak tepat, kata Dr. Anggi, kebanyakan dari kita tidak tepat waktu ketika membersihkan gigi, biasanya setelah mandi. “Waktu yang ideal untuk menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur,” kata Anggi.

2.Durasi yang lebih singkat Untuk menyikat dan membersihkan gigi dengan saksama, waktu yang disarankan adalah 3 menit. Sayangnya, banyak dari kita tidak suka berlama-lama untuk membersihkan gigi kita, sehingga tidak semua permukaan gigi tersapu dan semua makanan belum diangkat. “Biasanya bahkan satu menit atau kurang dari satu menit sudah berakhir,” kata Anggi.

3.Mengapa jalannya tidak benar tentang sikat gigi yang baik diberikan oleh sekolah dasar. Sayangnya, masih banyak yang menyikat gigi dengan cara yang salah. Anggi mengatakan, cara yang benar untuk menyikat gigi adalah dari merah ke putih atau dari gusi ke gigi, dengan gerakan memutar ke atas. Selain melakukan pembersihan menyeluruh, Anggi juga merekomendasikan memeriksa makanan yang kita konsumsi, minum cukup air dan membersihkan gigi dengan kebersihan mulut yang baik yang terdiri dari sikat gigi, benang dan berkumur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed