oleh

Selandia Baru Bersedia Untuk Bebaskan Lockdown Tahap Dua

Kompaspagi.com – Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah mengumumkan jadwal untuk mencabut blokade dan melemahkan kasus virus mahkota baru. Beberapa pembatasan yang sebelumnya dilarang diperkirakan akan mulai dibuka kembali secara bertahap.

Ardern mengatakan, Kamis (14/5/2020) restoran, pusat perbelanjaan, kafe, toko, bioskop dan taman bermain akan dibuka kembali. Selain itu, pemerintah juga mengizinkan penduduk untuk mengumpulkan hingga 10 orang dan melakukan perjalanan ke daerah lain di Selandia Baru.

Pembukaan ini adalah tingkat kedua dibandingkan dengan sistem pembukaan blok empat tingkat di Selandia Baru.

Meskipun kegiatan diizinkan, Ardern menunjukkan bahwa ia akan tetap berhati-hati dalam pembuatan kebijakan. Wanita 39 tahun itu memperingatkan bahwa Selandia Baru tidak dikatakan memenangkan “perang” melawan Corona.

“Upaya Selandia Baru telah membawa kami ke situasi saat ini di tengah-tengah sebagian besar negara yang berjuang untuk mengatasi jumlah kematian Covid,” kata Ardern dalam pidatonya yang dikutip, Selasa (12/05/2020).

“Kami mungkin telah memenangkan beberapa pertempuran, tetapi kami belum memenangkan perang, jadi ada risiko yang masih harus diawasi,” tambahnya.

Sementara itu sekolah baru mulai dibuka pada Senin (18/5) dan bar minggu depan, Kamis (21/05).

Selandia Baru secara efektif diblokir dua minggu lalu karena penurunan kasus virus mahkota baru. Memesan pesanan makanan dan beberapa tempat hiburan dibuka kembali sejak dini.

Tidak hanya itu, warga yang berusia di atas 70 diizinkan meninggalkan rumah setelah dikarantina selama lebih dari tujuh minggu.

Hingga saat ini, Selandia Baru hanya mencatat 1.497 kasus dengan total 21 kematian dan sebagian besar pasien atau sekitar 1.386 orang telah dirawat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed