oleh

Selama Pandemi Menjaga Jarak Dengan Orang Lain Lebih Baik

Kompaspagi.com – Meskipun pembatasan fisik diberlakukan, di banyak negara pihak berwenang masih mengizinkan warganya untuk berolahraga di luar ruangan, seperti jogging, berjalan atau bersepeda, selama mereka menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain. Aturan tersebut menuai pro dan kontra karena tidak sedikit pakar mengatakan bahwa olahraga di luar rumah tetap berisiko. Pendapat ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Belgia dan Belanda.

Telah dinyatakan bahwa, sejauh mungkin, kita harus menghindari orang lain selama berolahraga karena udara di sekitar orang lain. Menjaga jarak 1-2 meter dari orang lain dikatakan efektif hanya jika kita diam atau di luar rumah tanpa kondisi angin. Namun, ketika kita berjalan, berlari atau mengayuh, kita harus lebih berhati-hati. Ketika seseorang berlari bernapas, bersin atau batuk, partikel yang dilepaskannya tetap mengambang di udara dan dihirup oleh orang di belakangnya. Ini juga dapat disebut sebagai slipstream dalam bentuk “awan tetesan”.

Ilustrasi slipstream sedang dari seseorang yang berjalan atau berlari. Kesimpulan diambil oleh tim peneliti setelah mensimulasikan frekuensi timbulnya air liur seseorang selama gerakan (berjalan atau berlari). Simulasi juga dilakukan di berbagai posisi, bahkan di sekitar orang, diagonal di belakang atau di belakang. Biasanya, pemodelan ini dilakukan untuk meningkatkan performa atlet karena merupakan dasar dari “aliran udara” yang sangat efektif. Namun, ketika kita berbicara tentang Covid-19, kita harus menghindari slipstream.

“Orang yang bersin atau batuk menyebarkan tetesan di bawah tekanan berat, tetapi bernafas juga akan meninggalkan partikel. Ini meningkatkan risiko penularan karena awan juga dapat menempel pada pakaian,” kata Bert Blocken, salah satu peneliti . Dari studi ini, direkomendasikan untuk menjaga jarak dari orang yang berjalan di arah yang sama, sekitar 4-5 meter. Untuk berlari atau bersepeda, jarak aman minimal 10 meter. Selanjutnya, ketika melewati orang lain saat bersepeda, disarankan berada di jalur yang berbeda atau menjaga jarak sekitar 20 meter.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed