oleh

Positif Corona di Sumut 100 Kasus, Melebihi Data Pusat

Kompaspagi.com – Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Sumatera Utara mencapai 100 orang berdasarkan data per Selasa (14/4) pukul 17.00 WIB. Jumlah ini lebih tinggi dari data pemerintah yang diumumkan beberapa jam sebelumnya, yang mencatat ada 72 kasus positif corona di Sumut.

“Positif sebanyak 100 orang dengan rincian 76 melalui metode PCR dan 24 melalui metode Rapid Test,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah.

Dengan jumlah 100 kasus positif di Sumut, terjadi peningkatan empat kasus dari sehari sebelumnya yang tercatat sebanyak 96 kasus positif.

Adapun untuk pasien positif Covid-19 yang sembuh sebanyak 11 orang dan meninggal sebanyak 9 orang. Sementara itu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 101 orang.

“Untuk itu, kami imbau masyarakat semaksimal mungkin tetap berada di rumah jika tidak ada urusan yang mendesak, patuhi aturan dan arahan dari pemerintah,” ujar Aris.

Aris menyampaikan dalam waktu dekat Sumut akan merealisasi pelaksanaan tes swab menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri. Selama ini, spesimen tes swab di Sumut dikirim ke Balitbangkes RI Jakarta.

“Dalam waktu dekat, melalui kerja sama dengan instansi vertikal kementerian, proses Swab test akan kita laksanakan di Sumut tanpa harus dikirim ke Jakarta,” jelasnya.

Aris juga mengungkapkan soal ratusan TKI dari Malaysia yang saat ini menjalani karantina sementara di Lanud Soewondo.

Hingga Selasa ini pukul 16.00 WIB, tersisa sebanyak 60 dari 547 TKI yang menunggu untuk dipulangkan. Puluhan TKI itu terdiri dari 37 pria dan 23 wanita yang berasal dari kota-kota di luar Sumatera.

“Kami berharap kita optimis menghadapi situasi saat ini. Penyakit ini bisa sembuh dan kita bisa melaluinya. Saat ini di Sumut sudah 11 orang yang sembuh, semoga angka sembuh ini terus bertambah dan kita segera keluar dari kondisi ini,” tutur Aris. (fnr/wis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed