oleh

Polri: Kejahatan Meningkat Selama PSBB, Pencurian Mendominasi

Kompaspagi.com – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menjelaskan angka kejahatan meningkat selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berlaku sejak pekan sebelumnya di beberapa wilayah.

“Berdasarkan peringkat kejahatan pada minggu ke-15 dan ke-16, tingkat kenaikan keseluruhan adalah 11,80 persen,” kata Asep, Senin (20 April) di markas besar Kepolisian Nasional.

Menurutnya, tren kejahatan yang paling meningkat saat ini adalah pencurian berat (disembuhkan). Namun Asep tidak menjelaskan secara rinci wilayah mana yang merupakan pusat kejahatan tersebut.

Meskipun tingkat kejahatan meningkat, Asep mengatakan bahwa situasi keamanan dan ketertiban umum (kamtibmas) masih dipertahankan dan dikendalikan.

Dia mengatakan polisi akan mengambil tindakan terhadap pelaku yang akan membahayakan masyarakat dalam situasi pandemi korona saat ini.

“Ini tentu dimaksudkan untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat dan mengurangi skala pelanggar,” kata Asep.

Dalam beberapa hari terakhir telah sering terjadi pencurian pencurian selama implementasi PSBB di ibukota. Misalnya, perampokan mini-market di Duren Sawit, Jakarta Timur, Kamis pagi (16 April). Namun, pencurian itu terungkap oleh anggota Polisi Metro Satreskrim dari Jakarta Timur yang sedang berpatroli.

Dalam kasus ini, polisi menangkap tiga pelaku. Namun, karena salah satu pelaku telah mencoba untuk bertarung, dia akhirnya mengambil tindakan tegas. Polisi saat ini juga mencari petugas perlindungan data dengan inisial A.

Polisi daerah Metro Jaya sepakat bahwa mini-market adalah salah satu target kejahatan saat ini.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Pol Yusri Yunus, ini bukan tanpa panggilan untuk tinggal di rumah selama pandemi virus corona saat ini. Akibatnya, pelaku juga mengubah tujuan mereka.

“Beberapa pasar mini juga menjadi sasaran karena rumah-rumah sekarang jarang dan ada pergeseran,” kata Yusri kepada CNNIndonesia.com, Senin (20 April).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed