oleh

Peningkatan hubungan Indonesia-Cina dapat merusak hubungan AS-Indonesia

Walau ada sentimen anti-Cina yang kian berkembang di Indonesia serta ada konflik kedua negara yang belum terselesaikan mengenai Laut Cina Selatan, kerja sama di antara negara eksportir terbesar di dunia dan negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara tersebut diprediksi akan semakin berkembang. Terlebih pasca pertemuan para menteri senior Cina dan Indonesia bulan ini.Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui Menteri Luar Negeri Cina Wa Ying untuk membahas potensi kolaborasi antara kedua negara di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu persetujuan utama yang lahir dari pertemuan tersebut adalah keputusan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat distribusi vaksin COVID-19 dari Cina di kawasan Asia Tenggara.

Kerja sama ini dipandang akan menguntungkan kedua belah pihak. Pasalnya, di satu sisi, Cina dapat menjadikan Indonesia – yang memiliki lebih dari 270 juta penduduk – sebagai tempat uji coba vaksin COVID-19, sekaligus mengamankan akses ke pasar Asia Tenggara.Dapatkan catatan mingguan tentang isu penting politik dan masyarakat.

Di sisi lain, Indonesia yang memiliki jumlah kasus COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara tidak hanya akan mendapat prioritas untuk mendapatkan vaksin tapi juga berpotensi besar mendapatkan keuntungan ekonomi sebagai distributor di wilayah ASEAN.Kesepakatan terbaru ini menandai kemitraan yang lebih kuat antara kedua negara, dan sedikit banyak akan berdampak pula pada hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat.

Menguatnya hubungan Indonesia-Cina
Hubungan antara Indonesia dan Cina telah menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.Secara ekonomi, Cina adalah sumber investasi langsung luar negeri (Foreign Direct Investment, FDI) terbesar kedua (setelah Singapura) dan salah satu mitra dagang utama Indonesia.

Cina juga merupakan negara tujuan ekspor terbesar Indonesia di sepanjang periode 2019, dengan nilai US$ 25,8 juta, atau sekitar 16,68% dari total ekspor.Pada tahun yang sama, Cina turut menjadi sumber impor terbesar untuk Indonesia, senilai US$ 44,5 juta atau setara dengan hampir sepertiga dari total impor Indonesia.

Saat ini, perwakilan kedua negara juga telah menandatangani kesepakatan untuk beralih dari dolar AS dan mempromosikan penggunaan mata uang lokal masing-masing negara sebagai alat transaksi pembayaran dalam perjanjian perdagangan mereka.Tak berhenti sampai di situ, Cina dan Indonesia turut memperluas pertukaran budaya, pendidikan dan masyarakat.Walaupun demikian, hubungan keduanya bukannya tanpa konflik.

Terlepas dari isu pandemi COVID-19, sejak awal hubungan Beijing dan Jakarta sudah berada di jalan yang terjal, terutama ketika ketegangan terkait isu Laut Cina Selatan semakin memanas.

Kapal milik Cina beberapa kali ditemukan masuk tanpa izin ke wilayah perairan Indonesia dekat Laut Cina Selatan. Di sana Cina bersikukuh memiliki dasar hukum yang berbeda dan menuai kontroversi dalam menentukan klaim teritorinya.Berulang kali sepanjang tahun Indonesia telah secara konsisten mengusir kapal penjaga pantai dan kapal penangkap ikan milik Cina dari kawasan perairan yang diaku Beijing memiliki klaim bersejarah.

Berbagai isu di atas kemudian semakin menyuburkan sentimen anti-Cina di Indonesia.
Namun demikian, polemik mengenai hal ini sesungguhnya telah ada sejak pertengahan 1960-an, ketika tersangka komunis – beberapa dari mereka keturunan Cina – dibunuh setelah diduga oleh pihak militer telah memicu percobaan kudeta. Orang keturunan Cina di Indonesia juga disalahkan atas kemerosotan ekonomi Indonesia selama Krisis Keuangan Asia karena keterlibatan mereka dalam banyak bisnis negara.

Tak pelak, ketika virus COVID-19 yang berasal dari Wuhan, Cina, menjadi pandemi global, persepsi masyarakat Indonesia terhadap Cina semakin menimbulkan reaksi negatif.Dalam banyak kasus dijumpai masyarakat Indonesia menggunakan istilah “virus Cina” di media sosial untuk merujuk pada COVID-19.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed