oleh

Pengertian Orang Tua Untuk Anaknya Yang Ingin Mudik

Kompaspagi.com – Meski Idul Fitri identik dengan pulang ke kampung halaman, tetapi di masa pandemi ini kegiatan ini tidak bisa dilakukan. Pemerintah telah mengeluarkan larangan untuk kembali ke rumah untuk Idul Fitri. Meski begitu, beberapa orang tua tetap ingin anak-anak mereka pulang untuk merayakan Idul Fitri bersama. Ini menciptakan dilema antara keinginan untuk menghindari transmisi Covid-19 dan tidak dapat menolak permintaan orang tua. Jadi bagaimana Anda memberi pengertian kepada orang tua yang masih ingin anak-anak mereka pulang? Psikiater, dr.

Andri SpKJ, FAPM, melalui acara live Instagram dengan Healthy Me, menjelaskan bahwa kita dapat memberikan pemahaman kepada orang tua tentang bahaya pulang ke rumah di tengah pandemi. “Orangtuanya diberitahu. Orang tua sering tidak mengerti, karena mereka pikir orang lain tidak peduli,” kata Andri. Dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Omni Alam Sutera menambahkan, sebagai seorang anak ia harus dapat memberikan pemahaman kepada orang tua untuk percaya pada saran dari para ahli medis dan pemerintah. “Banyak yang mengatakan bahwa pandemi adalah konspirasi dan semua tipe, saya katakan, selalu berusaha untuk menyerahkan segalanya kepada para ahli,” katanya. “Misalnya, seorang ahli epidemiologi, ahli kesehatan, dipatuhi jika Anda mengatakannya. Jangan berpikir tentang teori,” tambahnya.

Andri merekomendasikan untuk memilih kata dan frasa yang baik sehingga orang tua tidak berpikir kita tidak akan pulang karena mereka menghindari bertemu dengan mereka dan keluarga lain. Dia juga mendesak kami untuk tidak memikirkan apa pun jika orang tua masih memaksa anak-anak mereka untuk kembali mudik ke rumah selama Lebaran. “Saya pikir yang paling penting adalah memberi tahu mereka bahwa situasi ini benar-benar harus terjadi,” kata Andri. Bahkan jika tidak ada pertemuan fisik, tradisi meminta maaf dan berjabat tangan masih dapat dilakukan, digantikan oleh persahabatan online melalui pesan teks, panggilan suara atau panggilan video.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed