oleh

Mobil Polisi New York Sengaja Tabrak Pendemo George Floyd

Kompaspagi.com – Polisi New York akan menyelidiki kecelakaan sebuah truk polisi lokal yang menabrak kerumunan sebagai protes atas kematian George Floyd pada Senin (01/06-2020) waktu setempat. Kejadian ini direkam dalam video dan diunggah ke Twitter.

Dalam video 27 detik, kerumunan pertama melemparkan benda ke kendaraan. Kendaraan tiba-tiba mematahkan barikade yang melindungi massa dan menabrak demonstran.

Setelah itu, ada teriakan dari kerumunan aksi ketika seseorang tampak melompat di atas truk. Belum diketahui apakah para demonstran telah terluka dalam kecelakaan itu.

Walikota New York Bill de Blasio mengatakan insiden itu masih dalam penyelidikan. Namun, dia menekankan bahwa ada kemungkinan bahwa petugas pada waktu itu tidak punya pilihan lain.

Kejadian ini memicu semakin banyak ketegangan antara polisi dan warga. Gelombang protes besar-besaran setelah kematian George Floyd diketahui di beberapa kota besar di Amerika Serikat. Warga marah tentang kematian George, seorang warga kulit hitam, di tangan kepolisian Minneapolis.

Sementara itu di Seattle, setidaknya 27 orang telah ditangkap saat demonstrasi pada Sabtu malam. Kepala Departemen Kepolisian Seattle Carmen Best menjelaskan bahwa penangkapan dilakukan karena beberapa dugaan pelanggaran, termasuk penyerangan, pembakaran, perusakan dengan penjarahan.

“Prioritasnya adalah melindungi kehidupan dan mengakhiri kehancuran. Saat ini kami tahu bahwa banyak perwira dan warga sipil telah terluka,” jelas Carment Best.

“Departemen Kepolisian Seattle siap memfasilitasi pelaksanaan hak Amandemen Pertama yang damai. Setelah pembunuhan George Floyd, kita semua marah, sedih, frustrasi dan patah hati,” tambah Best.

Namun, protes damai menyebabkan kekerasan karena diduga ada beberapa kelompok yang ingin mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Polisi Seattle masih menangani beberapa kelompok yang menyerang petugas dan menjarah pusat kota. Garda Nasional juga telah dimobilisasi untuk membantu.

George Floyd meninggal karena bernafas setelah polisi menekan lehernya ke lutut saat penangkapan di Minneapolis. Demonstrasi meletus di kota untuk pertama kalinya sehari setelah kematian Floyd.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed