oleh

Menteri Zimbabwe Terlibat Korupsi Saat Pandemi Corona

Kompaspagi.com – Menteri Kesehatan Zimbabwe (Menkes) Obadiah Moyo ditangkap oleh pihak berwenang setelah ia terbukti melakukan korupsi. Menurut Aljazeera, Obadiah Moyo ditangkap setelah dugaan korupsi terkait penipuan dalam perjanjian $ 60 juta untuk mendapatkan peralatan medis Covi-19.

Keputusan untuk membebaskan Moyo dengan jaminan tidak ditentang oleh pengadilan. Jaksa hari ini sedang menyelidiki tiga dakwaan lainnya, termasuk tuduhan penyalahgunaan jabatan yang bisa dijatuhi hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Dalam kasus terbaru, Obadiah Moyo dituduh mencoba memaksa departemen keuangan untuk membayar 15.000 alat tes virus Corona yang disimpan di bandara.

Moyo ditangkap karena berurusan dengan Drax International LLC dan Drax Consult SAGL. Perusahaan pemohon mengklaim bahwa kontrak itu diberikan secara ilegal oleh kementerian kesehatan tanpa tender kompetitif.

“Terdakwa bertindak bertentangan atau bertentangan dengan kewajiban fidusia,” kata hakim Munamato Mutevedzi kepada apa yang dikatakan Aljazeera, Senin (22/6/2020).

“Tindakan terdakwa menunjukkan kebaikan kepada perusahaan Drax,” tambahnya.

Pekan lalu Delish Nguwaya, perwakilan lokal Drax International, ditangkap dalam penyelidikan yang sama.

Moyo, yang akan kembali ke pengadilan pada 31 Juli, adalah menteri kedua dalam kabinet Presiden yang telah ditangkap atas tuduhan korupsi tingkat tinggi.

Pada awal Juli tahun lalu, mantan menteri pariwisata Prisca Mupfumira didakwa dengan tuduhan korupsi yang dilaporkan jaksa terkait dengan perannya sebelumnya sebagai menteri tenaga kerja yang mengawasi dana pensiun 1 miliar dolar.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed