oleh

Mencerahkan Kulit Wajah Bersama Program Eksfoliasi

Kompaspagi.com – Semua orang ingin memiliki tampilan kulit yang cerah dan segar. Salah satu cara untuk mencerahkan wajah adalah dengan eksfoliasi. Kulit dan ginekolog dari Rumah Sakit Abdi Waluyo dan dari konsultan medis Dermalogia Clinic, menjelaskan Arini Astasari Widodo, pengelupasan kulit adalah proses menghilangkan sel kulit mati dari kulit. Metode ini benar-benar dapat membuat kulit Anda bercahaya, tetapi tidak dapat dilakukan dengan sewenang-wenang.

“Tidak semua kulit cocok untuk pengelupasan kulit. Jika tidak dilakukan dengan benar, itu sebenarnya dapat merusak kulit,” kata Arini dalam sesi media Kulwap beberapa waktu lalu. Pastikan pengelupasan dilakukan dengan benar dan aman agar tidak merusak kulit dan menyebabkan kemerahan atau pecah. Ada dua metode utama pengelupasan kulit di rumah, yaitu secara mekanis dan kimiawi. Ingat, pilih metode berdasarkan jenis kulit Anda. Pengelupasan mekanis menggunakan alat-alat seperti sikat, spons atau scrub untuk menghilangkan kulit mati. Sedangkan pengelupasan kimia menggunakan bahan kimia, seperti AHA (alpha hydroxy acids) atau BHA (beta hydroxy acids) untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk mencegah kerusakan kulit saat pengelupasan kulit, kami sarankan Anda memperhatikan tips berikut dari pedoman American Academy of Dermatology (AAD).

1.Perhatikan produk perawatan kulit yang digunakan. Misalnya, produk yang mengandung retinoid, rertinol atau benzoil peroksida. Pengelupasan kulit saat menggunakan produk ini bisa membuat kulit kering.

2.Pilih produk pengelupasan kulit yang sesuai dengan kulit Anda. Namun yang terbaik adalah menghindari pengelupasan kimia yang kuat atau pengelupasan mekanis, jika Anda memiliki warna kulit gelap atau memiliki kecenderungan untuk memiliki bekas jerawat atau luka yang menghitam. Pada beberapa orang dengan kulit berwarna, pengelupasan kulit yang agresif dapat meninggalkan bekas yang gelap pada kulit.

3.Lakukan dengan lembut. Jika Anda menggunakan scrub atau pengelupasan kimia, gunakan produk dengan lembut dan oleskan dengan gerakan memutar atau memutar selama sekitar 30 detik. Selanjutnya, bilas wajah Anda dengan air bersuhu ruangan atau sedikit hangat. Hindari menggunakan air panas. Jangan terkelupas jika ada luka terbuka atau kulit terbakar sinar matahari.

4.Menggunakan pelembab eksfoliasi dapat membuat kulit Anda lebih kering, jadi gunakan pelembab segera setelah itu untuk menjaga kulit Anda sehat dan lembab.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed