oleh

Manfaat Meditasi Berjalan: Ketenangan dan Kontrol Gula Darah

Kompaspagi.com – Mindfulness menjadi salah satu teknik yang dibutuhkan di tengah situasi tak menentu seperti saat ini. Untuk melatihnya, Anda bisa mencoba melakukan meditasi berjalan.

Meditasi berjalan dapat digunakan sebagai bagian dari latihan mindfulness. Teknik ini membantu Anda merasa lebih membumi, seimbang, dan tenang.

Meditasi berjalan umumnya dilakukan dalam rute jalan yang membentuk garis lurus. Lakukan secara berulang dan bolak-balik. Saat berjalan, biarkan kaki melangkah dengan lambat sambil bernapas secara sadar.

Jenis meditasi ini memiliki banyak manfaat, seperti mengikuti Healthline.

1. Tekanan darah
Semalat berjalan sering dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kebiasaan duduk lama. Berjalan membantu meningkatkan sirkulasi darah, terutama ke kaki.

2. Pertahankan proses pencernaan
Mengambil setelah makan adalah cara yang bagus untuk menjaga proses pencernaan Anda sehat, terutama jika Anda merasa kenyang.

Gerak membantu makanan mengendalikan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Mengurangi kecemasan
Meditasi berjalan bisa sangat bermanfaat bagi Anda yang cemas. Meditasi ini dapat mengurangi tingkat stres.

Sebuah studi di 2017 menemukan bahwa berjalan lebih efektif dalam mengurangi gejala kecemasan ketika dikombinasikan dengan meditasi.

4. Kontrol kadar gula darah Anda
studi kasus pada tahun 2016 menemukan meditasi berjalan memiliki efek positif pada tingkat gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

Peneliti melakukan percobaan dengan dua kelompok peserta penelitian. Kelompok pertama diminta berjalan sambil bermeditasi, sementara kelompok lainnya melakukan hal yang sama tanpa meditasi. Dia diminta berjalan setiap 30 menit tiga kali.

Hasilnya, kelompok yang berjalan selama meditasi memberikan hasil yang lebih baik dengan kadar gula darah yang terkontrol.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Tidak perlu berolahraga dengan intensitas, olahraga teratur hanya cukup untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Salah satunya adalah berjalan kaki.

Berjalan dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan otot yang membuat Anda merasa bugar secara fisik.

Selain itu, berlari di pagi hari juga mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Ini pasti akan berdampak pada kualitas tidur Anda.

6. Dorong kreativitas
Latihan yang penuh perhatian membawa Anda pikiran yang lebih jernih dan lebih fokus. Dengan demikian, situasi ini dapat menjadi kreatif.

Ini ditunjukkan dalam penelitian tahun 2015 yang menemukan hubungan antara minat dan kreativitas. Kemampuan mengatakan itu memicu kreativitas.

Untuk berlatih berjalan, beberapa langkah dan langkah yang dapat Anda ambil, perlu diingat.

– Mulai berjalan dengan tenang. Tangan Anda dengan senang hati. Rasakan semua sensasi fisik berjalan terasa.
– Setelah beberapa menit, ingat suaranya.
– Putar perhatian sesuai selera. Aroma apa pun yang tertangkap.
– Selanjutnya, alihkan perhatian Anda ke penglihatan. Perhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda.
– Tetap fokus.
– Beberapa menit terakhir, fokuskan perhatian Anda pada sensasi fisik yang Anda rasakan saat berjalan.

Peneliti melakukan eksperimen dengan dua kelompok peserta studi. Kelompok pertama diminta berjalan kaki sambil bermeditasi, sementara kelompok yang lain melakukan hal yang sama tanpa bermeditasi. Mereka diminta berjalan kaki setiap 30 menit sebanyak tiga kali dalam sepekan.

Hasilnya, kelompok yang berjalan kaki sambil bermeditasi memberikan hasil yang lebih baik dengan kadar gula darah yang terkontrol.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Tak perlu olahraga yang intens, olahraga teratur saja cukup untuk meningkatkan kualitas tidur. Salah satunya dengan berjalan kaki.

Berjalan kaki dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi ketegangan otot yang membuat Anda merasa lebih baik secara fisik.

Selain itu, berjalan di pagi hari juga menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Hal ini tentu akan berdampak pada kualitas tidur yang baik.

6. Mendorong kreativitas
Berlatih mindfulness membawa Anda ke dalam pikiran yang lebih jernih dan fokus. Pada gilirannya, kondisi ini dapat merangsang kreativitas.

Hal itu diperlihatkan dalam sebuah studi pada 2015 lalu yang menemukan hubungan antara mindfulness dan kreativitas. Mindfulness disebut dapat memicu kreativitas.

Untuk melakukan meditasi berjalan, berikut beberapa langkah dan tahap yang bisa Anda ikuti, mengutip Mindful.

– Mulai lah berjalan dengan langkah yang tenang. Letakkan tangan secara nyaman. Rasakan semua sensasi fisik dari berjalan kaki yang Anda rasakan.
– Setelah beberapa menit, berikan perhatian pada suara.
– Geser perhatian Anda ke indera penciuman. Cium aroma apa pun yang tertangkap.
– Setelahnya, pindahkan fokus perhatian Anda pada penglihatan. Perhatikan apa saja yang ada di sekitar Anda.
– Jaga fokus Anda.
– Pada beberapa menit terakhir, kembalikan fokus perhatian pada sensasi fisik yang dirasakan saat berjalan kaki.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed