oleh

Malaysia Memperpanjang Waktu Lockdown hingga 28 April

Kompaspagi.com – Malaysia memperpanjang blokade selama dua minggu hingga 28 April 2020 untuk menekan penyebaran virus korona. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan bahwa kebijakan itu berlanjut karena pemerintah terus mengendalikan pandemi Covid-19.

Dia mengatakan perintah pengendalian gerakan atau MCO diperpanjang dari 15 April hingga 28 April berdasarkan kontribusi dari Kementerian Kesehatan dan ahli medis.

“MCO telah membantu para profesional kesehatan mengelola penyebaran infeksi. Tetapi kita harus siap untuk menangani ini untuk jangka waktu yang agak lama; ini bisa memakan waktu beberapa bulan sebelum benar-benar dapat menjamin bahwa penyebarannya dikendalikan 100%,” Muhyiddin mengatakan dalam siaran langsung di televisi nasional Minggu(12/4/2020).

Dia mengingatkan semua warga bahwa perang di Covid-19 belum berakhir. Pertempuran masih berlangsung. “Jadi, kamu harus bersemangat dan terus berjuang.”

Pembatasan teritorial di Malaysia masuk pada hari Jumat 24, blokade dimulai pada 18 Maret dan semula dijadwalkan hanya dua minggu hingga 31 Maret, tetapi kemudian diperpanjang selama dua minggu hingga 14 April.

Sejak peraturan itu berlaku, sebagian besar dari 32 juta orang di Malaysia telah tinggal di rumah.

Mereka diizinkan meninggalkan rumah hanya untuk membeli kebutuhan pokok, obat-obatan atau makanan, serta kebutuhan mendesak.

Hingga saat ini, Malaysia memiliki 4.346 kasus virus korona setelah 118 pasien baru lainnya kemarin. Dari jumlah itu, 1.830 dinyatakan sembuh. Sementara ada 70 pasien meninggal.

Angka kesembuhan untuk pasien virus korona di Malaysia sendiri cukup tinggi, mencapai 42,1 persen.

Negara tetangga juga mencatat bahwa lebih banyak pasien yang pulih dari Covid-19 kasus baru selama tiga hari berturut-turut, dengan 222 orang dikeluarkan dari rumah sakit kemarin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed