oleh

Khawatir Covid, Kuil di Bangkok Larang Turis Asing Masuk

Kompaspagi.com – Salah satu objek wisata populer di Thailand, Kuil Wat Pho, melarang turis mancanegara masuk karena mereka dikhawatirkan bisa menyebarkan virus corona, meski itu bukan larangan resmi dari pemerintah.

Larangan ini juga berlaku bagi ekspatriat yang bermukim di negara yang telah menutup gerbang wisatanya dari turis mancanegara selama dua bulan itu.

Papan-papan pengumuman yang terlihat Kamis (11/6) pagi di gerbang utama kuil Buddha yang bersebelahan dengan Grand Palace di Bangkok itu bertuliskan kalimat dalam bahasa Inggris: “Terbuka hanya untuk penduduk Thailand,” “HANYA PENDUDUK THAI,” dan “SEKARANG TIDAK BUKA UNTUK TURIS MANCANEGARA.”

Salah satu pengurus Wat Pho menjelaskan melalui telepon bahwa komite kuil memutuskan untuk mengecualikan turis mancanegara karena khawatir tentang COVID-19.

“Wabah ini masih merajalela di banyak negara, jadi kita harus tetap waspada seperti yang disarankan oleh pemerintah,” kata Wit Artchinda, seperti yang dikutip dari AP pada Jumat (12/6).

Kuil Wat Pho, yang lebih dikenal dengan nama Wat Phra Chetuphon, baru dibuka kembali pada pekan lalu setelah ditutup selama dua bulan selama lockdown Thailand.

Kuil Wat Pho adalah salah satu yang termegah di Negara Gajah, namun kuil ini ramai dikunjungi karena banyak yang ingin melihat patung Buddha Berbaring sepanjang 46 meter yang berlapiskan emas.

Pengurus kuil juga mengatakan bahwa banyak bagian candi, termasuk aula tempat Buddha Berbaring berada, sedang menjalani pekerjaan konstruksi yang membatasi akses.

“Turis mancanegara harus membayar 200 baht (sekitar Rp114 ribu) per orang,” kata Wit.

“Ketika mereka membayar uang dan tidak dapat melihat begitu banyak hal yang ingin mereka lihat, kami takut mereka kecewa.”

Dia tidak mengatakan kapan kuil akan kembali menerima turis mancanegara lagi.

Pariwisata adalah industri besar di Thailand dan lockdown telah memberikan pukulan besar bagi perekonomian negara.

Penerbangan internasional masih dilarang mendarat hingga setidaknya akhir bulan ini.

Jumlah kasus COVID-19 di Thailand relatif kecil, dan sebagian besar kasus terakhir adalah penduduk Thailand yang kembali dari luar negeri dengan penerbangan evakuasi khusus.

Tidak ada kasus baru yang dilaporkan pada hari Kamis, sehingga jumlah total kasus positif saat ini adalah 3.125, dengan 58 kasus kematian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed