oleh

Kapsul Crew Dragon SpaceX Tiba di ISS, 2 Astronaut pun Pindah

Kompaspagi.com – Kapsul Crew Dragon milik SpaceX yang membawa dua astronaut NASA telah tiba dan menempel atau mengait dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Kapsul yang diterbangkan roket ke luar angkasa dari Florida pada Sabtu lalu itu terlihat tanpa hambatan saat menempel ke ISS.

Proses penempelan atau perkaitan (docking) yang sempurna itu terjadi sekitar pukul 10.16 waktu timur (ET) atau pukul 21.16 WIB, Minggu (31/5).

Dalam tayangan video yang diunggah secara berkala di akun Twitter @SpaceX terlihat bagaimana proses Crew Dragon menempel ke ISS. Dari mulai jarak antar kedua sekitar 150 meter, 60 meter, hingga 0 meter.

Crew Dragon ini membawa dua astronaut NASA yakni Robert ‘Bob’ Behnken dan Doug Hurley. Mereka adalah dua astronaut pertama yang diterbangkan NASA ke luar angkasa setelah proyek Space Shuttle dihentikan pada 2011 silam.

Selain itu, mereka juga jadi pencetak sejarah di mana perusahaan swasta lah yang mengoperasikan roket dan moda transportasi luar angkasa untuk membawa astronaut keluar dari orbit bumi.

SpaceX, yang dikepalai Elon Musk memiliki kontrak US$2,6 miliar dengan NASA untuk menyediakan enam penerbangan awak ke stasiun ruang angkasa.

Setelah melewati 19 jam perjalanan sejak meluncur dengan roket dari Florida kemarin, dua astronaut itu akan tinggal di ISS selama satu hingga empat bulan sebelum kembali ke Bumi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed