oleh

Jangan Makan Terlalu Berlebihan Saat Buka Puasa

Kompaspagi.com – Tidak jarang berbuka puasa menjadi tempat “balas dendam” untuk makan dan minum sebanyak-banyaknya, mengingat mereka berpuasa lebih dari 13 jam sehari. Namun, kebiasaan makan yang berlebihan saat berbuka puasa dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Beberapa jam sebelum berbuka puasa, banyak makanan yang bisa muncul dan mencoba menu berbuka puasa, mulai dari kolak, makanan goreng, kue beras, buah beku dan teh manis yang memiliki rasa. Kita semua ingin makan ketika bubuk maghrib habis. Namun, ada baiknya kita tidak menuruti hawa nafsu ini. Karena perut tidak akan mampu menampung semuanya sekaligus. Lagi pula, makan terlalu banyak ketika rusak dengan cepat dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ada apa disana

Merasa bersemangat (perut tidak nyaman)

Saat kita makan makanan berlipat atau lebih dari biasanya, perut akan mengembang seperti balon. Akibatnya, perut mungkin merasa lelah atau tidak nyaman karena menjadi elastis melebihi kapasitas normalnya. Durasi ketidaknyamanan tergantung pada jenis makanan yang kita konsumsi. Makanan berlemak dan berserat tinggi akan lebih sulit dicerna daripada jenis makanan lainnya. Akibatnya, perut akan terasa tidak nyaman lebih lama.

Ketika perut penuh dengan terlalu banyak makanan, bukan tidak mungkin makanan menekan diafragma. Kondisi ini bisa membuat kita mengalami sesak nafas dan nafas pendek. Kepenuhan perut juga bisa memicu makanan di kerongkongan atau kerongkongan. Inilah yang dikenal sebagai Gerd (penyakit refluks gastroesofagus). Gejala Gerd adalah mulas, atau lebih dikenal sebagai mulas. Kondisi ini ditandai dengan rasa terbakar atau terbakar yang muncul di dada dan dapat menyebar ke leher.

muntah

Ketika perut tidak lagi mampu menampung terlalu banyak makanan, bukan tidak mungkin jika akan dipaksa keluar dari tubuh melalui muntah.

Cepat mengantuk

Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat atau gula saat berbuka, Anda akan mudah tertidur. Kegiatan akhirnya bisa dihentikan, misalnya, malas bergabung dengan Tarawih.

Berat badan bertambah

Jika Anda akan menurunkan berat badan di bulan Ramadhan, Bahkan jika Anda sangat lapar ketika waktu yang tepat tiba, jangan menjadi gila dan jaga diet Anda tetap sehat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed