oleh

Iran Membuka Masjid Hanya 2 Jam Saat Malam Lailatul Qadar

Kompaspagi.com – Pemerintah Iran membuka kembali masjid selama dua jam dari tengah malam untuk iktikaf selama malam Laylat al-Qadar di tengah pandemi virus korona.

Menteri Kesehatan Saeed Namaki mengumumkan pembukaan kembali masjid dengan waktu terbatas selama tiga malam yang aneh dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Saeed mengakui bahwa keputusannya sulit dan berisiko. Dia tidak menyangkal bahwa keputusan untuk mengizinkan masjid dibuka untuk jangka waktu terbatas memicu kecaman dari beberapa pihak.

Namun, Saeed meyakinkan bahwa ia terus menerapkan protokol kesehatan untuk jamaah haji yang menghabiskan waktu di masjid Laylat al-Qadr malam itu.

Masjid Al-Hussein di Teheran adalah salah satu rumah ibadah yang kembali menerima kedatangan jamaah. Selain mengenakan masker saat memasuki masjid, jamaah juga diminta menjaga jarak saat duduk.

Meskipun khawatir tertular virus, keputusan ini menerima reaksi dari warga yang mengatakan mereka senang bisa menghabiskan waktu dengan bermuhasabah.

“Kami membawa masker dan sarung tangan sesuai dengan protokol kesehatan. Saya pikir jika kami mengikuti protokol keselamatan dan kesehatan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan kami masih bisa bermalam di Laylat al-Qadar,” kata Masoumeh, seorang ibu rumah tangga.

Demikian pula, jamaah lain, Mahmoudi, mengatakan ia bahagia dan tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu di masjid meskipun ada kendala waktu.

“Tentu saja semua orang khawatir tentang penyakit ini, termasuk keluarga saya. Saya memutuskan untuk datang ke masjid setelah memastikan saya menghormati jarak dan protokol kesehatan,” kata Mahmoudi.

Iran telah menutup masjid dan tempat ibadah sejak Maret dalam upaya untuk mengekang penularan virus korona.

Sejak melaporkan kasus pertamanya di Qom pada 19 Februari, Iran saat ini telah mendaftarkan 124.603 kasus virus korona. Sekitar 97.173 pasien dinyatakan sembuh dan angka kematian mencapai 7.119 orang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed