oleh

Ikuti Indonesia, Polisi Thailand Pakai Mobil Listrik Tesla

Kompaspagi.com – Mobil listrik paling murah Tesla, Model 3, ternyata juga menarik perhatian kepolisian Thailand. Berdasarkan foto penampakan yang ramai di media sosial, polisi Thailand menggunakan tujuh unit Model 3 sebagai mobil dinas.

Model 3 itu telah menggunakan seragam kepolisian Thailand berwarna dasar abu-abu dengan stiker kombinasi biru-kuning. Sebagian di antaranya bahkan sudah ditempel lampu strobo.

Rushlane menjelaskan armada baru ini telah diserahkan ke markas kepolisian di Dusit, Bangkok. Rencananya mobil-mobil ini akan dipakai untuk pengawalan VVIP.

Model 3 sebelumnya diketahui telah digunakan Kepolisian Indonesia sebagai mobil patroli di jalan tol. Pada Maret lalu Kepala Sub Direktorat Wal Patroli Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri Komisaris Besar Bambang Sentot Widodo sempat mengatakan ada 10 unit yang telah dipesan.

Sebelum dipakai resmi di jalan tol, kepolisian dikatakan bakal mengujinya terlebih dahulu. Namun sejauh ini belum ada laporan terkait penampakan Model 3 dengan seragam putih-biru-merah melintas di jalan tol.

Di Thailand status tujuh unit Model 3 yang jadi kendaraan dinas bukan dibeli melainkan disewa dengan nilai lumayan tinggi, yakni 89 juta baht (Rp42,9 miliar). Sistem perpajakan kendaraan listrik disebut yang membuat harga sewa melambung.

Sebagai perbandingan, Prestige Image Motorcars, penjual Tesla di Indonesia, melego satu unit Model 3 paling murah Rp1,5 miliar. Bila bujet sewa di Thailand dipakai buat membeli Model 3 di dalam negeri bisa dapat 28 unit.

Model 3 varian terbawah, Standar, memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km per jam selama 5,6 detik. Sedangkan varian di atasnya, Long Range 4,6 detik, dan tertinggi, Performance, setara supercar, yakni 3,4 detik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed