oleh

Haruskah Pakai Masker Saat Di Dalam Mobil

Kompaspagi.com – Seperti yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah, setiap orang diharuskan memakai topeng saat melakukan kegiatan di luar rumah untuk mengurangi penyebaran virus korona. Namun, jika kita berada di dalam mobil, perlukah memakai masker? Menurut dr. Aaron Hamilton, MD, MBA, dokter Klinik Cleveland, mengenakan masker tergantung pada siapa kita di dalam mobil. “Jika kita sendirian di mobil atau dengan seseorang yang tinggal bersama kita, itu adalah situasi berisiko rendah dan kita tidak perlu memakai masker wajah,” Dr. Hamilton.

Hanya menurut dr. Hamilton ada sejumlah kondisi di mana mengenakan masker di mobil dapat membantu melindungi orang lain selama pandemi. “Kondisi ini berlaku jika kita berada di dalam mobil dengan seseorang yang tidak tinggal bersama kita. Bahkan jika kita berada dalam kendaraan untuk berbagi perjalanan, saya akan menghindarinya sebanyak mungkin,” katanya. “Tetapi jika kondisinya tidak memungkinkan, kita harus memakai masker karena kita tidak dapat menjaga jarak fisik yang aman dari seseorang.”

Kita juga perlu mengenakan masker ketika membuka jendela mobil atau berinteraksi dengan seseorang di kartu parkir atau lokasi pengumpulan makanan drive-through, kata Dr. Hamilton. Jika pekerjaan itu mengharuskan kita berhenti beberapa kali selama perjalanan, seperti pekerja pengiriman paket, masuk akal untuk terus mengenakan masker di dalam mobil. “Ini akan mencegah kita dari berulang kali menyentuh masker yang mungkin mengandung kuman, melepasnya dan memasangnya kembali setiap kali kita keluar dari mobil,” katanya. Hamilton mengingatkan, saat mengenakan masker di dalam mobil, pastikan masker itu dipasang dengan benar. “Masker harus menutupi hidung dan mulut, tetapi tidak menghalangi pandangan.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed