oleh

Haruskah Kita Menjaga Kesehatan Jantung Selama Pandemi

Kompaspagi.com – Pandemi Covid-19 menyebabkan keresahan di banyak kalangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, terlepas dari langkah dan tindakan yang tepat yang diambil oleh pemerintah dalam menangani pandemi, generasi muda juga harus menyadari betapa berbahayanya virus ini. Menurut aktris dan duta besar Yayasan Jantung Indonesia, Mikha Tambayong, dia menyadari ancaman Covid-19 sejak pembebasan pertamanya di Wuhan, Cina.

“Pandemi ini menakutkan. Awalnya ketika Covid-19 sendirian di Wuhan, Indonesia masih aman. Tetapi saya menyadarinya. Dan saya melihat virus ini berbahaya.” Micah mengatakan dalam program “Talk Sehat: Bahaya Hati dan Covid-19 di Usia Muda”, disiarkan langsung di akun Instagram pada Rabu (6/6/2020) sore. Sebagai generasi muda, Micah mengungkapkan rutinitas sehari-hari yang dia lalui untuk menjaga kesehatannya selama pandemi. “Saya rajin minum jus buah, minuman herbal yang benar-benar meningkatkan kekebalan tubuh, dan vitamin D juga sangat penting, dan saya selalu berjemur setiap pagi,” kata Micah.

“Tetapi itu juga harus diimbangi dengan kesehatan mental. Saya melihat berbagai penelitian, orang dapat pulih dari infeksi Covid-19 jika mereka sehat secara mental.” Bagi Micah, berada di rumah selama pandemi Covid-19 adalah istimewa. Karena itu, ia dapat menjalani rutinitas yang belum sempat ia lakukan sebelumnya. “Tinggal di rumah adalah hak istimewa. Saya bisa membaca buku atau mengobrol dengan keluarga. Hanya kadang-kadang saya merasa sedikit kurang produktif. Juga, saya biasanya berlatih setiap pagi,” katanya.

Dia menambahkan, pada saat pandemi, hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga kesehatan jantung. “Jantung harus dilindungi. Karena dari apa yang saya baca, organ-organ seperti jantung bisa lemah jika terinfeksi Covid-19. Ada baiknya kita mulai memahaminya,” kata Micah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed