oleh

Gempa Kota Tangshan China Magnitudo 5,1 Guncang Tiongkok

Kompaspagi.com – Gempa berkekuatan 4,7 melanda kota Tangshan di Cina utara pada Senin(13/07/2020) pagi, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Sementara itu, otoritas seismologis Tiongkok menempatkan besarnya 5,1 pada kedalaman 10 kilometer.

Kekagetan ini membangkitkan ingatan akan gempa bumi tahun 1976 yang paling parah dan menghancurkan kota.

Pada 28 Juli 1976, Tangshan, yang saat itu merupakan kota pertambangan batu bara dengan populasi satu juta orang, dihancurkan oleh gempa berkekuatan 7,8 skala Richter, dengan gempa susulan 7,1 skala Richter sekitar 7,1 skala Richter. 15 jam kemudian.

Pada saat itu, Cina melaporkan bahwa sekitar 240.000 orang telah terbunuh, dengan tuduhan kemudian bahwa jumlah tersebut telah berkurang karena alasan politik.

Sejauh ini, tidak ada berita kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi yang baru saja terjadi pada hari Minggu pagi dan yang menyebabkan sedikit goncangan di Beijing.

Kantor berita Xinhua yang dikelola pemerintah mengatakan operasi kereta penumpang yang melintasi zona gempa telah ditangguhkan sambil menunggu inspeksi infrastruktur kereta api untuk kerusakan yang disebabkan.

kejutan pagi ini menyebabkan benda jatuh di rak-rak toko Tangshan.”Saya masih agak takut. Bagaimanapun, ini adalah gempa bumi dengan kekuatan 5.1,” katanya melalui telepon kepada seorang resepsionis di Hotel Tangjiashanhe di kota itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed