oleh

China Berkata AS Mencoba Lari Dari Tanggung Jawab Ke WHO

Kompaspagi.com – China menuduh Presiden Donald Trump berusaha mengabaikan tanggung jawab Amerika Serikat terhadap WHO dengan mengancam akan menghentikan bantuan dana kepada organisasi sepenuhnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa Trump sedang mencoba untuk menodai reputasi China dan “mengabaikan tanggung jawab” atas kewajiban internasionalnya dengan WHO.

“Surat terbuka dari Presiden Amerika Serikat yang Anda sebutkan penuh dengan tanda-tanda” mungkin “dan” tampaknya “dan berusaha membawa opini yang salah kepada publik dengan tujuan menghancurkan upaya Cina dan mengabaikan tanggung jawab tunggal Amerika Serikat.” Zhao mengatakan pada konferensi pers rutin di Beijing pada hari Rabu. (20/5/2020) seperti dilansir.

Dia percaya bahwa pemerintahan Trump sedang mencoba untuk mengalihkan masalah internal terkait dengan masalah pencegahan dan pengendalian penyebaran virus korona yang tidak memadai di negeri Paman Sam.

“Ini salah perhitungan dan Amerika Serikat memilih target yang salah,” kata Zhao.

Presiden Trump telah mengancam untuk menghentikan secara permanen dana bantuan AS untuk WHO kecuali jika ada “peningkatan substansial” oleh badan tersebut dalam perang melawan penyebaran virus korona.

Trump menuduh WHO membela Cina menyembunyikan persebaran mahkota. Dia juga percaya bahwa WHO belum menangani pandemi ini karena telah mengadopsi kebijakan yang salah untuk memastikan bahwa mahkota virus menginfeksi hampir 5 juta orang di seluruh dunia.

Trump menyertakan surat yang ditujukan kepada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Trump dalam surat itu termasuk apa yang dikatakannya adalah contoh kelemahan WHO dalam mengelola penyebaran mahkota, termasuk mengabaikan berita awal tentang kemunculan virus dan memiliki hubungan yang terlalu dekat dengan Cina.

Trump memperkirakan bahwa WHO telah berperan dalam menyembunyikan penyebaran virus mahkota di China dan telah mengabaikan berita sejak awal.

“Jelas, kesalahan langkah berulang oleh Anda dan organisasi Anda dalam menangani pandemi ini memiliki dampak besar pada dunia. Satu-satunya jalan ke depan bagi WHO adalah jika itu benar-benar dapat membuktikan bahwa itu tidak terlalu menguntungkan Cina,” Trump menulis dalam surat itu.

Sejauh ini Amerika Serikat adalah donor utama bagi WHO. Trump mengatakan pada bulan April bahwa Amerika Serikat telah mendanai WHO antara $ 400 dan $ 500 atau antara $ 6,26 triliun dan $ 7,83 triliun per tahun.

Klaim itu dinyatakan oleh Trump ketika Amerika Serikat masih menghadapi gelombang kasus Corona baru. Berdasarkan statistik Worldometer, Amerika Serikat masih menjadi negara dengan kasus tertinggi di dunia, mencapai 1.550.294 kasus dengan 91.981 kematian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed