oleh

Cara Sukses Untuk Program Bayi Tabung

Kompaspagi.com – Berita baik datang dari pasangan seniman Jonas Rivanno dan Asmirandah. Aktris kelahiran Jakarta ini sekarang mengandung anak pertamanya setelah mengikuti program fertilisasi in vitro.

Jonas dan Asmirandah bukan pasangan seniman pertama yang melakukan program fertilisasi in vitro yang diberkati oleh seorang anak. Jalur serupa juga diikuti oleh pasangan Surya Saputra dan Cynthia Lamusu, Tya Ariestya dan Irfan Ratinggan, juga Rianty Cartwright dan Cassanova Alfonso.

Fertilisasi in vitro (IVF) adalah teknik pembuahan sel telur oleh sperma di luar tubuh wanita atau dalam tabung gelas. Program ini tidak murah dan membutuhkan waktu lama.

Tidak ada yang dapat menjamin bahwa program ini akan 100 persen berhasil. Berbagai faktor bisa membuat Anda gagal.

Bagi Anda yang berniat menjalani prosedur fertilisasi in vitro, ada beberapa tips yang harus diperhatikan dengan sukses oleh program ini.

Pertahankan berat badan

Kualitas telur dan sperma dipengaruhi oleh kadar lemak tubuh. Bobot juga tampaknya berkontribusi terhadap peluang keberhasilan program fertilisasi in vitro.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Biomedicine Online, pasangan dengan berat badan abnormal (obesitas atau kurang berat badan) lebih kecil kemungkinannya untuk berhasil daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

Penelitian yang dilakukan terhadap 487 pasangan juga menemukan tingkat kelahiran pada mereka yang obesitas lebih rendah daripada mereka yang memiliki berat badan normal.

Perhatikan asupan makanan

Pakar kesehatan sangat menganjurkan memperhatikan asupan makanan. Mengutip Alodokter, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti lemak, protein dan serat.

Anda dan pasangan bisa mendapatkan nutrisi ini dari mengonsumsi susu, ikan, alpukat, kacang-kacangan, dan gandum. Makan makanan dengan diet seimbang dapat menjaga berat badan dan kualitas telur dan sperma.

Sementara wanita disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Vitamin D berperan penting dalam menjaga kesehatan indung telur. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari tuna, keju, hati sapi, dan telur. Kami juga menyarankan Anda berjemur dengan rajin di pagi hari untuk mendapatkan tambahan asupan vitamin D.

Pilih olahraga yang tepat

Olahraga menjadi elemen hidup sehat yang tidak boleh ditinggalkan. Namun, pilih latihan yang tepat agar tidak mengganggu program fertilisasi in vitro.

Ada beberapa jenis olahraga yang harus dihindari pria. Olahraga seperti bersepeda dan kegiatan kebugaran di gym dapat merusak sperma.

Ubah kebiasaan pakaian Anda

Selain pilihan olahraga, pria juga harus memperhatikan kebiasaan pakaian. Jika Anda sering mengenakan celana ketat, segera ganti dengan yang lebih besar. Celana ketat bisa menekan organ reproduksi. Jadi panas yang disebabkan oleh penggunaan celana dalam yang ketat juga bisa merusak kualitas sperma.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed