oleh

Cara Mudah Mengatasi Nyeri Pinggang Tanpa Harus Dipijat

Kompaspagi.com – Nyeri pinggang merupakan kondisi yang umum dialami setiap orang. Nyeri pinggang dapat terjadi karena duduk terlalu lama, banyak membungkuk, atau masalah pada saraf dan tulang. Nyeri pinggang dapat diatasi dengan sejumlah cara, tanpa harus dipijat.
Nyeri pinggang adalah rasa sakit yang berasal dari bagian pinggang yaitu pada area tulang rusuk paling bawah hingga tulang pinggul.

“Nyeri pinggang itu penyakit umum. Nyeri pinggang ini merupakan masalah yang sering dialami di klinik kami, 70-80 persen pasien datang dengan keluhan nyeri pinggang,” kata dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi Muki Partono dalam webinar RS Pondok Indah Group, beberapa waktu lalu.

Muki menjelaskan penanganan pertama nyeri pinggang dapat dilakukan dengan sejumlah cara. Berikut cara mengatasi nyeri pinggang tanpa harus dipijat.

1. Tidur terlentang di alas keras
Muki menyarankan jika nyeri pinggang muncul cobalah untuk tidur terlentang di alas keras, seperti di lantai. Tidur berbaring di alas yang keras dapat meluruskan tulang dan postur, sehingga nyeri dapat hilang dengan sendirinya. Tidur terlentang juga mengurangi beban pada pinggang.

“Dengan alas yang keras makan memaksa tulang belakang ada dalam yang lurus. Kalau tidak keras, tulang tidak beristirahat,” ucap Muki.

2. Meletakkan bantal di bawah lutut
Jika tidur terlentang di alas keras justru menambah rasa sakit, maka dapat disiasati dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

“Ada beberapa low back pain yang justru makin sakit tidur terlentang di alas yang keras. Kalau itu terjadi, lakukan penekukan pada lutut atau letakkan bantal di bawah lutut,” tutur Muki.

3. Tidur miring ke sisi yang tidak sakit
Nyeri pinggang dapat terjadi pada salah satu sisi hingga ke kaki. Cobalah untuk tidur miring pada sisi yang tidak sakit.

4. Menggunakan korset
Mengatasi nyeri pinggang juga dapat dilakukan dengan menyangga bagian perut dan pinggul dengan memakai korset. Korset dapat mengembalikan posisi tulang ke tempat asalnya.

“Bisa pakai korset lumbal, bagi yang pria juga tidak masalah pakai korset istrinya, korset setelah melahirkan misalnya,” ujar Muki.

5. Berenang
Aktivitas berenang rutin 2-3 kali seminggu juga dapat meredakan nyeri pinggang. Berenang membantu membentuk postur tubuh dengan baik.

Rasa sakit yang tidak tertahankan pada nyeri pinggang juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi obat analgetik, lalu istirahat yang cukup dan mengurangi beban berat pada pinggang. Jika sakit berlanjut segera konsultasikan pada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan diagnosis serta penanganan yang tepat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed