oleh

Berolahraga Sesudah Buka Puasa Apakah Baik Atau Buruk

Kompaspagi.com – Banyak orang dengan sengaja atau tidak, mengurangi aktivitas fisik di bulan Ramadhan. Padahal, idealnya kita tidak sekadar duduk-duduk dan terus bergerak meski kita sedang berpuasa. Salah satu alasan banyak orang mengurangi aktivitas fisik selama bulan puasa adalah karena mereka merasa lemah. Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa berolahraga tanpa merasa lemah, terutama dengan memilih waktu yang tepat.

Spesialis kedokteran olahraga, dr. Andhika Raspati, kata Sp.KO, ada tiga pilihan untuk pelatihan di bulan puasa, yaitu di pagi hari setelah makan matahari terbit, sebelum waktu istirahat dan setelah berbuka puasa. Pilihan untuk berolahraga setelah istirahat adalah pilihan teraman. Karena, olahraga pasca fajar berpotensi menyebabkan dehidrasi, sedangkan pada saat sebelum istirahat tubuh cenderung dalam kondisi yang lebih lemah karena kadar gula darah yang rendah. “Setelah melanggar yang paling aman karena kita bisa makan sebelum dan sesudah apa yang kita ingin berkeringat sampai basah, tidak masalah karena kita bisa minum.” Hal ini dinyatakan dalam sesi Instagram Live dengan Dr. Meaning Indira M. Gizi, Sp. GK dan Dr. Teuku Adifitrian, SpBP-RE (Dr. Tompi). Meskipun kita cenderung memiliki lebih banyak energi dan risiko dehidrasi minimal ketika berolahraga setelah berbuka puasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah menghindari makan takjil dan makan malam. Karena, untuk kesehatan perut, kita harus memberikan waktu untuk makan dan berolahraga selama sekitar dua jam. Selain itu, beberapa orang cenderung makan berlebihan saat puasa istirahat. Jika kita berhenti berpuasa hingga pukul 18:30, sesi olahraga baru dapat dimulai sekitar pukul 20.30. “Sudah terlambat, jam berapa kamu mau tidur? Akibatnya, bisa mengganggu jam tidur, makan larut dan sebagainya,” kata Andhika. Jika Anda masih ingin berlatih setelah berbuka puasa, cobalah disiplin dalam mengontrol porsi makanan. Karenanya, sesi pelatihan dapat dimulai lebih cepat. “Penantian bisa sekitar setengah jam setelah doa matahari terbenam,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed