oleh

Berolahraga Malam Untuk Membuat Tidur Lebih Nyaman

Kompaspagi.com – Olahraga malam dan tidur nyenyak tampaknya adalah dua hal yang berlawanan. Meski tidak selalu demikian. Ada beberapa jenis latihan yang membuat malam Anda lebih sehat dan ketika Anda bangun di pagi hari tubuh Anda akan segar.

Kegiatan olahraga meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan denyut jantung dan mendorong tubuh untuk memproduksi adrenalin. Olahraga benar-benar akan membuat Anda melek semalaman.

Meski tidur nyenyak membutuhkan tubuh yang rileks dan suhu tubuh normal.

Namun, dengan menyebutkan dari tidur, olahraga ringan sebenarnya akan membantu Anda melepaskan semua stres, termasuk mengaktifkan, meregangkan dan mengendurkan otot. Latihan malam berikut akan membuat Anda tidur nyenyak.

Yoga

Yoga adalah jenis latihan malam untuk tidur nyenyak. Aktivitas ini adalah proses tubuh dan pikiran yang mencakup latihan pernapasan. Terutama sebelum tidur, Anda tidak perlu kasur atau tikar khusus. Cobalah berlatih pose bersandar di dinding.

Mengutip dari Tidur, Anda cukup duduk di dekat dinding dan mengambil posisi berbaring. Letakkan kaki Anda lurus di dinding. Letakkan tangan Anda di sisi kiri dan kanan tubuh Anda dengan telapak tangan terbuka. Tahan posisi ini selama 10-20 detik.

Posisi yoga lain yang bisa Anda lakukan. Ketika dilakukan dalam kombinasi dengan latihan pernapasan, ini merilekskan tubuh dan pikiran terutama jika Anda merasa stres yang membuatnya sulit tidur.

Sleep Foundation melalui situs resminya menyebutkan orang yang mengalami susah tidur melakukan yoga setiap hari selama 8 minggu dapat membantu tidur lebih cepat dan menambah durasi tidur.

Pilates

Pilates mungkin mirip dengan yoga tetapi dalam versi yang lebih modern. Olahraga yang dikembangkan oleh Joseph Pilates adalah latihan yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Anda dapat mencoba gerakan sederhana dan beradaptasi sebelum tidur. Luncurkan dari tidur, mulailah berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul Anda, kedua tangan ditekan ke sisi tubuh Anda. Pastikan bahu Anda rileks. Libatkan otot perut Anda, perlahan-lahan bungkukkan tubuh Anda, biarkan tangan Anda menggantung di lantai saat Anda menarik napas dalam-dalam. Kemudian sentuh tanah dan tahan pose selama 1-2 detik. Alih-alih, perlahan gerakkan tubuh Anda dan pertahankan otot perut Anda terlibat.

Peregangan

Peregangan membuat Anda menyentuh tubuh Anda sendiri dan membantu Anda lebih fokus pada tubuh dan pernapasan. Dengan meluncurkan dari Healthline, kesadaran tubuh dapat membangun konsentrasi atau kesadaran yang dapat memperdalam tidur.

Peregangan juga akan membantu melepaskan ketegangan otot dan menghindari kram yang dapat mengganggu tidur. Ada beberapa ciri untuk tidur nyenyak seperti pelukan beruang (memeluk tubuh Anda dan menahannya selama 30 detik), memanjangkan leher (memiringkan kepala di kedua sisi secara bergantian menahan setiap napas 5 kali), kemudian menurunkan kepala dan kenaikan.

Pelatihan kekuatan

Latihan untuk membentuk otot telah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Anda bisa tidur lebih cepat dan tidak sering bangun di tengah malam. Sit up dan push up yang bisa Anda coba di kasur. Latihan lain juga dapat ditambahkan seperti lunges, squat atau shoulder press. Setelah olahraga malam, Anda harus memberi tubuh Anda waktu untuk tidur.

Latihan kardio

Olah raga malam untuk tidur nyenyak yang dapat Anda coba adalah pelatihan kardio. Kegiatan peningkatan denyut jantung seperti berlari, bersepeda, berenang atau aerobik telah terbukti meningkatkan kualitas tidur dan memerangi insomnia.

Lakukan latihan kardio 1-2 jam sebelum tidur sehingga tubuh punya waktu untuk menurunkan suhu dan mengurangi detak jantung.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed