oleh

Berkenalan dengan Gli, Kucing Gembul Penghuni Hagia Sophia

Kompaspagi.com – Hagia Sophia kembali menjadi perbincangan dunia, setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berencana mengubah fungsi bangunan tersebut menjadi masjid.
Saat dibangun pertama kali oleh Kekaisaran Byzantium Roma (537-1054), Hagia Sophia merupakan gereja. Lalu saat Kerajaan Ottoman berkuasa (1453-1931), fungsinya diubah menjadi masjid.

Kemudian saat pemerintahan modern Turki terbentuk, Hagia Sophia dijadikan museum yang bertahan hingga saat ini.

Belum diketahui lebih lanjut soal nasib Hagia Sophia, namun bangunan yang berada di tepi Selat Bosphorus itu memang sangat menarik untuk dikulik dari sisi sejarah dan seni budaya.

Ada hal lain yang menarik di sini selain eksterior, interior, mosaik, dan lukisannya, yaitu keberadaan seekor kucing imut nan gembul bernama Gli.

Kucing betina berbulu abu-abu berjenis European Shorthair itu disebut sudah bermukim di Hagia Sophia sejak 14 tahun yang lalu.

Jangan kaget bahwa dirinya memiliki akun Instagram yang diikuti 22 ribu orang.

“Ia sangat suka berpose,” kata salah satu penjaga Hagia Sophia, Umut Bahçeci, yang membuatkan akun Instagram untuk Gli, seperti yang dikutip dari Lonely Planet.

“Jika ia ingin berinteraksi dengan pengunjung, maka ia akan berdiri di atas mimbar. Kalau ia terlalu lelah, maka ia akan tiduran di omphalos [area upacara mahkota raja-raja Roma],” lanjutnya.

Pergerakan Gli juga tergantung dengan musim yang sedang berlangsung.

Saat musim dingin, ia sangat senang berkeliaran di depan lampu yang menerangi altar. Mungkin tubuhnya jadi lebih hangat karena hawa panas yang dikeluarkan lampu-lampu tersebut.

Namun saat musim panas, ia sering ditemukan sedang tiduran di lantai dekat jendela besar. Rebahan saat angin sepoi-sepoi ternyata juga jadi hobi kucing ini.

Gli tak tinggal sendirian di Hagia Sophia, karena ia juga ditemani oleh sang kakak perempuannya yang dinamakan Kizim.

Meski demikian, Gli tetap menjadi primadona di Hagia Sophia. Bahkan Barack Obama yang kala itu berkunjung sebagai Presiden Amerika Serikat sempat bertemu dengannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed