oleh

AS Berkata Akan Jual 8 Pesawat Ke RI Senilai Rp 28,8 T

Kompaspagi.com – Pemerintah Indonesia dikabarkan mendapat lampu hijau untuk presentasi delapan unit pesawat militer MV-22 Block C Osprey dari Amerika Serikat (AS).

Total pengeluaran RI untuk pesawat terbang dan sejumlah peralatan militer lainnya diperkirakan mencapai USD 2 miliar atau setara dengan Rp 28,8 triliun.

Berita itu diumumkan melalui siaran pers yang dikeluarkan oleh Badan Kerjasama Pertahanan Pertahanan Amerika Serikat (DSCA) di Washington DC, Amerika Serikat (8/7/2020) waktu setempat. DSCA, masih dalam pernyataannya, mengirim pemberitahuan tentang kemungkinan menjual Osprey ke Kongres Amerika Serikat pada hari yang sama.

Selain mengusulkan pembelian pesawat, Indonesia juga dilaporkan mengusulkan pembelian peralatan militer lainnya seperti 20 penerima alarm rudal, sistem navigasi udara, mesin 24 Rolls Royce AE 1107C, hingga 20 sistem navigasi udara , 20 senapan mesin M-240-D 7.64 mm.

Tidak hanya itu, Indonesia juga telah meminta pembelian pesawat terbang dan suku cadang perbaikan, perbaikan dan pengembalian layanan feri, dukungan kapal tanker dan berbagai peralatan pendukung lainnya.

Melalui rilis, pemerintah Amerika Serikat telah menyatakan bahwa penjualan peralatan militer ke Indonesia telah menjadi kebijakan luar negeri dan keamanan A.S. dalam mendukung mitra regional, termasuk Indonesia.

Selain itu, rilis ini juga menyebutkan bahwa peralatan militer ini tidak hanya untuk membela diri dalam hal keamanan negara, tetapi juga berguna untuk respon bencana dan kegiatan kemanusiaan di Indonesia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed