oleh

Apakah Mungkin Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan

Kompaspagi.com – Sejak berjangkitnya epidemi Covid-19, banyak orang telah khawatir tentang makanan, terutama mengenai ketersediaan stok di pasar dan juga keamanan konsumsi makanan. Sejauh ini tidak ada laporan ilmiah yang mengklaim bahwa virus korona dapat menyebar melalui makanan. Ini juga telah dikonfirmasi oleh Food and Drug Administration (FDA). “Virus korona baru ini tidak termasuk dalam penyakit bawaan makanan dan paparan virus dalam makanan bukanlah bentuk penularan,” kata FDA pada akhir Maret 2020 untuk mengkonfirmasi bahwa Covid-19 tidak menyebar melalui makanan. Hal yang sama disiarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Meskipun mengklaim bahwa Jaringan Internasional Otoritas Keamanan Pangan masih melakukan penelitian, tetapi dari pengalaman wabah SARS dan MERS yang juga merupakan penyakit pernafasan, tidak ada penularan yang diketahui melalui makanan. Covid-19 adalah penyakit pernapasan dan jalur penularan utamanya adalah melalui kontak antara orang-orang dan kontak langsung melalui pernapasan melalui tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa makanan segar, termasuk bunga, dan bahkan kemasan barang yang kita konsumsi, bukanlah “kendaraan” untuk transmisi pengaruh, penjualan atau bahkan SARS. Berdasarkan data epidemiologis ini, para ahli mengatakan bahwa risiko penularan Covid-19 dari barang-barang konsumen sangat rendah.

Berhati-hatilah

Namun, prinsip kehati-hatian masih perlu diterapkan untuk pembelian, pemrosesan dan konsumsi bahan makanan, termasuk membersihkan kemasan. Institut Biologi Molekuler Eijkman, Prof. Amin Soebandrio, dalam sebuah pernyataan. pencetakan.

Selama pandemi, ia juga menyarankan orang untuk tidak makan makanan mentah, terutama daging atau ikan. Juga sayuran yang akan dimasak atau buah yang akan dikonsumsi harus dicuci terlebih dahulu dengan air mengalir. Sementara itu, setiap paket baru yang dibeli atau diterima oleh layanan pengiriman harus dibersihkan dengan antiseptik. “Pastikan untuk mencuci tangan sebelum merawat makanan atau bahan makanan dan apa pun yang masuk ke mulut Anda, termasuk rokok dan permen,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed