oleh

Ada 4 Cara Sederhana Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Kompaspagi – Kasus Covid-19 belum menunjukkan tanda bahwa situasi pandemi akan berakhir dalam waktu dekat. Memang, semakin banyak orang di sekitar kita yang terinfeksi. Kita sangat perlu waspada, antara lain dengan menjaga kebersihan dan kesehatan semaksimal mungkin agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan pada akhirnya terhindar dari infeksi Covid-19. Ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan setiap hari, tetapi berdampak besar pada peningkatan sistem kekebalan kita.

1.Vitamin D, yang diproduksi oleh sinar ultraviolet B matahari, dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Meski Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari makanan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin ini adalah dengan mengonsumsi sinar matahari langsung atau mengonsumsi suplemen jika Anda kekurangan.

2.Tidur yang cukup Menunjukkan bahwa kurang tidur secara signifikan dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Peneliti kesehatan tidur di University of California – San Francisco, Carnegie Mellon University, dan University of Pittsburgh Medical Center menguji teori ini dengan mengekspos 164 sukarelawan terhadap virus flu melalui obat tetes hidung sambil memantau tidur mereka dan menilai kebiasaan kesehatan mereka. Faktanya, partisipan yang tidur kurang dari lima jam memiliki kemungkinan empat setengah kali lebih besar untuk terserang flu dibandingkan mereka yang rutin tidur tujuh jam semalam.

3.Minum air saja Air dan saus bebas gula dapat membantu melembabkan tubuh. Juru Bicara Akademi Nutrisi dan Diet Wesley McWhorter, DrPH, RD mengatakan tubuh yang terhidrasi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena air membantu melarutkan racun.

4.Makan banyak buah dan sayur Salah satu kebiasaan baik untuk meningkatkan kekebalan adalah menerapkan pola makan nabati yang sehat. Pastikan Anda mendapatkan vitamin antioksidan A, B6, C, E, selenium, zat besi, asam folat dan seng ditambah imunostimulan.

Salah satu yang terbaik adalah kubis ungu karena dikenal memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Makan lebih banyak kacang-kacangan juga dapat meningkatkan asupan serat, yang dapat meningkatkan bioma usus Anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed