oleh

5 Cara Sederhana Mengatasi Biduran di Rumah

Kompaspagi.com – Urtikaria atau biduran bisa terasa sangat mengganggu. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi biduran di rumah.

Biduran merupakan ruam di permukaan kulit yang sering kali menimbulkan rasa gatal. Ruam bisa menyebar ke seluruh area tubuh.

Kadar histamin yang terlalu tinggi menjadi penyebab umum biduran. Mengutip Medical News Today, tingginya kadar histamin menyebabkan pembuluh daerah di area yang terkena membuka dan mulai bocor. Cairan yang dihasilkan dalam jaringan tersebut memicu pembengkakan dan rasa gatal.

Biduran juga bisa dipicu oleh berbagai faktor yang beragam. Beberapa pemicu paling umum di antaranya reaksi alergi, perubahan suhu udara, paparan sinar matahari, infeksi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Umumnya, biduran akan hilang dengan sendirinya dan berlangsung dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Namun, segera cari pertolongan medis jika biduran disertai dengan gejala pusing, bengkak di tenggorokan atau wajah, serta sesak napas.

Cara Mengatasi Biduran di Rumah

Dalam sebagian besar kasus, seseorang hanya membutuhkan pengobatan rumahan untuk mengatasi biduran seperti berikut.

1. Kompres dingin
Kompres area yang terkena dengan sesuatu yang dingin. Bungkus segenggam es batu dengan handuk dan kompres di area yang terkena. Cara ini dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan menekan peradangan.

2. Mandi dengan larutan anti-gatal
Jika gatal-gatal mulai terasa, Anda disarankan untuk mandi dengan larutan anti-gatal seperti oatmeal dan baking soda. Larutan oatmeal dan baking soda dipercaya dapat menenangkan kulit dan mengurangi iritasi.

3. Mengoleskan gel lidah buaya
Lidah buaya dikenal sebagai tanaman hias yang kaya manfaat, salah satunya untuk menenangkan kulit dari biduran. Sifat obat pada lidah buaya dapat menenangkan dan mengurangi gatal-gatal pada kulit.

Namun, Anda disarankan untuk melakukan tes kulit sebelum mengaplikasikan lidah buaya ke area yang terkena. Mengutip Healthline, coba oleskan sejumlah produk perawatan ke area kulit yang tidak terkena biduran. Jika memungkinkan, oleskan ke bagian dalam lengan. Jika Anda tak mengalami iritasi dalam waktu 24 jam, maka lidah buaya bisa dioleskan ke area biduran.

4. Menghindari iritasi
Beberapa bahan kimia diketahui dapat menimbulkan iritasi yang menjadi penyebab biduran. Hindari penggunaan parfum, sabun wangi, dan pelembap saat biduran meradang. Hindari pula paparan sinar matahari berlebih yang bisa menyebabkan biduran.

5. Kenakan pakaian longgar
Mengutip Everyday Health, gesekan dan tekanan yang konstan pada kulit bisa memperburuk rasa gatal yang ditimbulkan. Hindari penggunaan pakaian ketat untuk meminimalisasi rasa gatal. Pilih pakaian longgar dengan bahan kain yang lembut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed